RESUME KECIL

 NIAT, PAKSA, MAU MENULIS

Berkarya ketika waktu luang itu biasa, namun berkarya di tengah kesibukan yang luar biasa, itu baru istimewa.

Semoga segera lahir buku2 dari bapak ibu guru hebat semua. Insyaallah jika ada NIAT, PAKSA dan MAU, satu persatu karya akan lahir.

  1. Buat Rancangan Untuk Menulis

 Yang terpenting dari penulisan buku adalah outline. Tuliskan dulu outline nya. Outline menjawab pertanyaan what yaitu apa, why yaitu mengapa bisa berarti pentingnya, manfaat, tujuan dan how yaitu bagaimana bisa berarti aplikasi, penerapan, bagaimana cara/model/metode dan lain sebagainya. 

Jika kita sudah punya outline, pastikan tulisan tidak keluar dari outline itu.

What dan why untuk bab awal (pembuka)

How untuk bab isi

Biasanya diberikan contoh penerapan untuk b ab terakhir (penutup

2. Niat Menulis

Pastikan ada sesuatu yang ingin disampaikan kepada orang lain (pembaca). Pesan itu karena diniati ibadah harus yang baik-baik.

3. Paksa

Menulis saya fokuskan ke malam hari setelah semua anak2 tidur. Jadi ketika anak2 masih on, saya tidak memegang tugas apapun. Karena bagi saya keluarga yang utama.jangan sampai waktu dengan mereka berkurang karena kegiatan / pekerjaan. 

Target menulis saya wajib 1 bulan selesai agar saya tidak bosan 😊.30 hari itu saya bagi ke dalam bab2 yang sudah saya tuliskan di outline. Misal saya punya 5 bab, berarti dalam waktu 6 hari harus selesai 1 bab + editing ,jadi 30 hari selesai 5 bab 😊. 

Untuk target waktu tiap orang berbeda-beda ibu,kenapa saya 1 bulan, agar saya tidak bosan dengan tema yang saya tuliskan.

4. Mau Menulis

Bagi saya, buku merupakan sejarah saya. Jika saya sudah mati nanti, melalui buku ini nama saya bisa diingat.karya saya masih dapat dinikmati dan hidup meskipun raga sudah tidak ada. 

Semoga chat Bu Noralia menginspirasi!


Komentar

  1. Resume bagus, walau tidak terlalu oanjang, tetapi mewakili semua isi

    BalasHapus
  2. bagus resumnya , singkat, padat, jelas dan lengkap

    BalasHapus
  3. Simple bu. Langsung ke inti. Dan bahasanya mudah dipahami

    BalasHapus
  4. Mantaap pak haji, sy baru nih baca resume pak haji... semangat ya pak...

    BalasHapus
  5. Walaupun Singkat resumenya namun bagus dan sempurna ....

    BalasHapus
  6. Ikut komen ya pak.

    Mungkin untuk selanjutnya perlu mengubah sudut pandang. Karena di situ, "saya" berarti narasumber. Mungkin bisa diganti dengan pandangan dan pendapat Bapak sendiri.

    Begitu saja saran dari saya, Pak. Semoga membantu dan tetap semangat menulis! Sip!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GURU PLUS DENGAN TIPS IDOLA

MENULIS BIOGRAFI