_STAR SMALL_ DALAM MENULIS UNTUK KORAN

Resume Lepas Atas Paparan H.Encon Rahman

Bermula dari tulisan kecil dan ringan di majalah dinding, Encon kecil mulai mulai dikenal teman SMP-nya, begitu terus dilakukan ketika masuk SPG terakhir tahun 1991. 
Atas saran gurunya di SPG menulis di Mitra Desa, dan mulai ada balasan finansial berupa honor tulisan. Berbagai tulisan dicoba termasuk kartun. Ketika kuliah di Unpas lebih terasah lagi aktivitas menulisnya, lebih-lebih masuk dalam kumunitas menulis. Yang lebih menjanjikan honor tulisan dari cerita bersambung anak-anak, hasilnya di atas UMK, sebulan sebanding 4 gram emas yang per gramnya waktu itu Rp25.000. 
Biaya kuliah yang Rp900.000 selisih Rp300.00 dari kuliah di IKIP (Sekarang UPI) waktu itu, bisa ditutup dari hasil menulis.
Berbagai media mulai dirambah baik lokal maupun nasional. Semua tulisan didokumen berupa kliping (sampai 500 lebih kliping).
Hobi menulis dari membaca koran, tabloid baik lokal maupun nasional. Watak dan tipe tulisan berbeda-beda dari tiap media itu, dan H. Encon bisa menyesuaikannya jika mengirimkan naskah itu.  Jika belum dimuat beliau tahan banting dan terus Istiqomah dalam mengirimkan tulisan yang waktu itu masih sitik manual, sementara teman sekosannya sudah terlelap tidur. Singkat kata biaya kuliah sampai wisuda di Unpas tidak merepotkan orang tua di Majalengka.

Terakhir H Encim memberi resep dalam menulis yakni tentukan niat menulis sebagai ladang ibadah, nanti nilai finansial akan mengikuti. Fokus bada talenta atau bakat apakah di fiksi atau non-fiksi. Selanjutnya secara spiritual menulis baiknya dilakukan dalam keadaan tidak batal wudu seperti para sufi menulis kitab-kitabnya agar dapat ilham atau yang baik.

Selanjutnya teruslah menulis nanti tulisan berupa apa saja yang sudah didokumenkan akan dibaca orang walaupun kita sudah tidak ada.***

Hatur nuhun Kang H. Encon Rahman. Salam ti urang Buahdua, Sumedang nu ti 1986 bubuara di Rangkasbitung, Lebak, Banten. (087786967354, Inta Sahrudin)
 

Komentar

  1. Mantap pak pengawas kita... gercep juga...

    BalasHapus
  2. Resumenya keren, tidak panjang tetapi cukup padat dan informatif

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, maaf saya kira selama ini adalah nama perempuan, ternyata bapak🤭
    🙏
    Wah saya memang kurang blogwalking, karena ada hal lain yang perlu saya dahulukan.
    Terimakasih bapak, saya sudah ikut baca dan singkat padat berisi👍👍

    BalasHapus
  4. Isinya sederhana saja, tetapi di situlah keunikannya. Informasi yang disampaikan sudah cukup memadai. Jadi, pembaca akan cepat mendapatkan isi dari resume kemarin.

    BalasHapus
  5. Resumnya padat, langsung ke inti permasalahan enak bacanya pak

    BalasHapus
  6. Awal menulis ada kata diulang pak mulai mulai maksudnya kata ulang atau apa ya? Untuk penulisan Rp300.00 atau Rp300,00 ya maaf saya kurang paham?🙏🙏🙏

    BalasHapus
  7. sudah bagusss, mantappp dan kerennnn

    BalasHapus
  8. Resumenya Singkat padat, luar biasa .....

    BalasHapus
  9. Singkat padat jelas....oembaca langsung paham intinya...semabgat terus yaa

    BalasHapus
  10. singkat, padat, dan mantap pak....

    BalasHapus
  11. Resumenya singkat dan padat. Porsinya pas mengambil satu sudut untuk menembak hal lebih luas. Tinggal perbaikan minor karena ada pengulangan kata mulai di awal. Tabik.

    BalasHapus
  12. Mantap Kang,.. Keren abis. Lanjutkan!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GURU PLUS DENGAN TIPS IDOLA

MENULIS BIOGRAFI